Beranda > Menulis > Antara Sepak Bola dan Menulis Esai

Antara Sepak Bola dan Menulis Esai

Sebenarnya sampai detik ini saya masih kecewa alias gondok yang teramat sangat ketika tim favorit saya kalah di final liga champion beberapa waktu lalu. Pastinya tahulah kalau tim yang saya maksud itu adalah Manchester United. Yah, tim yang ada dihati saya semenjak mas Erick Cantona masih merumput di Old Trafford. Saking gondoknya saya sempat menutup diri untuk tidak baca koran bola online seminggu lamanya, karena pasti disitu ada kolom komentar yang mencela habis-habisan tim pujaan saya itu. Duh, pasti tambah greget kalau membaca komentar-komentar yang sok-sok membela tim pujaannya itu, padahal jelas itu sia-sia karena rata-rata komentarnya tidak lepas dari saling ejek.

Pada akhirnya saya mencari pelarian dengan belajar menulis di blog. Hasilnya lumayan, kekecewaan itu terkikis dengan sendirinya. Namun apa daya, belajar menulis sambil memikirkan bola ujung-ujungnya semuanya disangkutin dengan urusan sepak bola. Enggak tahu betul atau salah, saya punya gambaran tentang sepak bola dengan menulis esai.

Di sepak bola, sebelum bertarung melawan tim lain, seorang pelatih wajib menetapkan susunan pemain atau pola yang akan diterapkan, biasanya 4-4-2, 3-5-2, 4-3-3, dan lainnya. Ini untuk membuat koridor setiap pemain jelas dan terarah. Pola ini nantinya akan membentuk permainan yang cenderung defensif ataukah ofensif. Sementara pada saat kita akan menulis, dalam hal ini kita adalah seorang pelatih, maka sebelum menulis harus membuat (merumuskan) sebuah pernyataan gagasan pokok, berupa satu kalimat lengkap. Gagasan pokok inilah yang hampir sama dengan pola di sepak bola.

Gagasan pokok merupakan pandangan atau pendirian kita tentang topik yang dipilih. Nah kalau kita akan mengarang sebuah esai, pembicaraan kita hendaknya terarah pada gagasan pokok itu. Misal gagasan pokoknya tentang fiksi, ya sudah berarti yang dibeberkan semuanya tentang hal fiksi. Jangan mau menerapkan pola 3-5-2 kalau tujuannya untuk defensif (bertahan), yang ada bakal banyak kebobolan gol… πŸ™‚

Setelah pelatih menentukan pola, langkah selanjutnya dia harus jeli menempatkan pemain yang tepat di posisinya masing-masing. Tentunya sang pelatih harus memilih pemain yang sedang dalam kondisi prima, onfire, dan mendukung setiap lini. Sama halnya dalam menulis, setelah menentukan gagasan pokokΒ yang kita rencanakan itu, pikirkan dan rumuskanlah pikiran-pikiran utama yang mendukung dan membeberkan gagasan pokok itu. Agar setiap paragrafnya mengandung kalimat-kalimat yang menguatkan keseluruhan esai.

Setelah menentukan line-up, biasanya jauh-jauh hari pelatih sudah mengintai kemampuan setiap pemain lawan, melalui rekaman video atau bahkan nonton langsung pertandingannya. Analisa yang didapat lantas diinstruksikan pada setiap pemain untuk mengawal lawan-lawannya. Fakta inilah yang akan menguatkan setiap lini dan memungkinkan permainan berkembang sedemikian rupa. Dalam menulis? untuk mengembangkan dan menjelaskan tiap pikiran utama itu, temukanlah dan tuliskanlah evidensi-evidensi atau fakta-fakta penguatnya, bisa dari literatur, rekaman video, atau meneliti langsung ke lapangan. Yakinlah, dengan fakta-fakta itu tulisan akan berkembang dan berimajinasi sedemikian rupa. πŸ™‚

Langkah selanjutnya adalah mempraktekan dilapangan, berupa latihan bagaimana strategi yang telah disusun itu bisa berjalan. Setiap pemain diberdayakan baik sebagai individu atau sebagai tim. Tentu dalam menulispun harus ada sistem coba-coba, dalam artian coba menulis, delete yang salah, kemudian menulis lagi. Cobalah membangun sebuah paragraf dengan pikiran utama dan pikiran-pikiran pengembangnya. Selama menulis saya yakin ide-ide baru akan muncul dengan sendirinya. Semuanya akan tercurah, memijit tut keyboardΒ dengan suara ketukan yang begitu kerap.

Daaaaaaan…. Untuk mempercepat selesai membaca, karena saya yakin Anda sudah tak sabar ingin beranjak dari tempat ini dan saya juga sudah mulai memikirkan kekalahan MU di tangan Barca, maka postingan saya tutup sampai disini.

Sebenarnya disamping menentukan gagasan pokok, merumuskan pikiran pokok, dan menguatkannya dengan fakta, masih tersisa 4 topik bahasan yang belum saya uraikan, termasuk hubungannya dengan manchester United sepak bola. Mungkin akan saya lanjutkan nanti yang entah kapan karena saya juga belum tahu.

Terakhir ingat ya kalau saya bukan Kang Abik, Helvy Tiana Rosa atau penulis ternama lainnya yang pantas untuk mempostingkan tema ini, saya cuma berusaha sedikit berbagi pengalaman menulis sebulan terakhir ini. Sekali lagi demi melipur lara saya karena ternyata MU kalah… 😦

Wassalam,

========================================================

Kalau ada yang penasaran, tutorial menulis saya dapati dari sini !

Cari Info :

Lowongan Kerja Terbaru 2010 , atau

Informasi Lowongan Kerja lainnya…

Boleh juga langsung ke Peluang Dolar Dari Internet !! !

Iklan
  1. 9 Juni 2009 pukul 3:12 AM

    Wow, bisa pertamax mas Rudi

    Β©
    Silahkan Mas, saya ikhlas… πŸ™‚

  2. 9 Juni 2009 pukul 3:13 AM

    MU kalah ya? πŸ™„ Beneran mas πŸ˜€ Jawabannya masih ada nyang salah mas.

    ====Wah ketiban sial dobel==== πŸ˜€

    Β©
    Moso sih?… Sy tunggu updetan jawabannya aja… πŸ˜‰

  3. 9 Juni 2009 pukul 3:16 AM

    Daripada mikirin MU, mendingan makan duren mas atao Makan Uren juga MU πŸ˜€

    Β©
    Hehehe… Uren dari Kendal memang TOP, saya tunggu paketannya dr Mas Guru… πŸ™‚ Jgn lewat email, dijamin engga sampe… πŸ˜€

  4. 9 Juni 2009 pukul 7:49 AM

    wahh, sama mas..
    aku juga kecewa ni, tapi bukan gara gara MU kalah,
    tapi gara gara gag bisa lihat langsung..
    haha

    Β©
    Halo Mas Deanho, terima kasih kunjungannya…
    Sama Mas, saya juga ga bisa lihat langsung, saya cuma nonton di tivi… πŸ™‚

  5. 9 Juni 2009 pukul 8:38 AM

    eehh., kok dpanggil mas??
    aku cewe tao..
    hHuG

    Β©
    Oh, maap salah baca… Sepintas namanya mirip Dinho yg pemain milan itu… πŸ™‚

  6. 9 Juni 2009 pukul 8:50 AM

    wahh sayang nya disaat mas age sedih, aku age seneng bngt..
    cz aku pendukung Barca..
    hahaha

    Β©
    Wah, selamat deh Mas… πŸ™‚

  7. 9 Juni 2009 pukul 9:56 AM

    Ini kaitan yg bagus antara menulis dan bola

    Β©
    Terimakasih Mas David, saya sih ingin menekankan sisi menulisnya, rupa-rupanya malah sisi bola yang banyak diapresiasi…

  8. 9 Juni 2009 pukul 10:27 AM

    gpp kalah kok Mas,,masih ada lain waktu πŸ˜€

    mungkin MU sengaja main santai agar bisa menang menghadapi Indonesia di bulan Juli mendatang…

    Β©
    Mungkin juga Mas, berarti timnas Indonesia hebat, sampai-sampai MU sengaja nyimpen tenaga biar bisa menang lawan Indonesia… :mrgreen:

  9. 9 Juni 2009 pukul 11:00 AM

    Pada akhirnya saya mencari pelarian dengan belajar menulisdi blog

    mas rudi.. ini sih tulisannya udah bukan taraf belajar mas.. udah jago πŸ˜‰

    Β©
    Aahh… Mas Danku bisa aja buat nyenengin saya… πŸ™‚ Arigato thank you Mas…

  10. backpackerman
    9 Juni 2009 pukul 11:09 AM

    sama mas, saya juga males baca koran or buka web sehabis MU kalah itu hehehhe.. hiks

    Β©
    Iya Mas, bikin pegel kalau baca komentar-komentar dibawahnya,,, Ejek mengejek rupanya sudah sedikit membudaya...

  11. sakainget
    9 Juni 2009 pukul 11:28 AM

    sebuah tulisan yg sarat dg pemikiran…. dan sy rasa isi bukan tulisan ‘sakaemut’ salut kang…
    koq bisa2na maen bola nyampe ke nulis essai…. πŸ™‚
    tp gimanapun juga, kang Rudi bener2 luar biasa setiap
    menyuguhkan tulisan… sekali lagi salut πŸ™‚

    Β©
    Ini sakaemut Kang… Suer samber guludug… πŸ˜€

  12. 9 Juni 2009 pukul 11:31 AM

    iya.. MU kalah. Tapi kita tetep harus semangat donk ya.. πŸ˜›

    makasi dah mampir ya!

    Β©
    Iyah pastinya, harapan itu selalu ada… πŸ™‚
    Sama-sama nenk, terima kasih…

  13. 9 Juni 2009 pukul 12:43 PM

    ya ampun kang, MU kalah kok jadi luntur semangatnya. sampe2 gak mau denger beritanya. tim dila (MILAN) ga jadi juara liga kali ini, biasa aja tuh. :mrgreen: tapi HEBAT… pelarian dari frustasi ke nulis. itu baru teman blogger dila. πŸ˜€

    pernah saya bilang dalam salah satu artikel “..bahwa membaca dan menulis adalah pelarian paling cerdas dan intelek ketika kita mengalami kepenatan.”

    tetap semangat!… πŸ˜‰

    Β©
    Masukan berharga dari Nenk diLa… Selalu semangat pokoknya… πŸ˜€

  14. 9 Juni 2009 pukul 12:47 PM

    saya juga nggonduk senggonduk-nggonduknya dengan hasil final kemaren….

    btw, 3-5-2 juga cucok buat bertahan bos, apalagi masang lima gelandang bertahan, beh…

    Β©
    Gitu ya Mas, saya pikir kalau mau bertahan pake 4-4-2 kalau enggak 4-5-1… Harus tanya mas Gus hiddink ini mah,,, πŸ™„
    Mas Grubik terima kasih atas kunjungannya…

  15. 9 Juni 2009 pukul 1:53 PM

    Bertahan mulu g enak….
    Ntar Malah kalah….
    Cz keserang mulu………………………

    Β©
    Iya Mas, enggak enak lihat permainan bertahan, pola menyerang barca tuh yang harus diterapkan Timnas kita nanti di bulan juli… πŸ˜€
    Mas Soleh terima atas kasih kunjungannya…

  16. 9 Juni 2009 pukul 3:18 PM

    saya nggak ngerti sepak bola cuma kadang2 nemenin suami nonton, eh seru juga ternyata, tapi….kang casrudi lagi kecewa, saya malahan lagi senang karena saya unggulin Barca, salam.

    Β©
    Waduh, kali ini Bunda ga sehati… hehehe… kalau begitu selamat deh Bun… Salam.

  17. 9 Juni 2009 pukul 4:51 PM

    saya memang biasanya punya pikiran pokok sebelum menulis, tetapi kadang kalo cari bahan dan referensi, malah jadi bingung πŸ˜‰

    Β©
    Sama dunk mbaq kayak saya… πŸ˜‰
    Terimakasih kunjungannya yaa…

  18. 9 Juni 2009 pukul 5:52 PM

    Kali ini mas Rudi sudah beruntu πŸ™„ eh ntung dhing, 100 buat jawabane. Keknya durene dah ku email mas πŸ™„ πŸ˜€

    Β©
    Akhirnya jebulnya ketebak ya Mas… hehehe… ditunggu lah durennya… πŸ™‚

  19. 9 Juni 2009 pukul 6:25 PM

    Mas kyak tmanq aj. . bz ngambek kalo aq mengolok2 MU..he.,he.. πŸ™‚
    kalo mmang dkung barca wk2 i2, cz prmainanx tnang n sy mliat ada bban di mu wk2 i2 (So’ tw lu). . kalo mas jd pltihx, mungkin bz mnang tuch. .

    Β©
    Hehehe… yakin deh menang lawan Barca, tapi di PS… πŸ˜†
    Ngomong-ngomong Rio stop ngoloknya ya, dosa lho… hehehe… Lidah kita tak bertulang, so gampang mengucap, apalagi yg bisa bikin sakit hati orang… πŸ˜€

  20. KangBoed
    9 Juni 2009 pukul 8:49 PM

    hehehe… susaaaaah ternyata menulis yaaaa… beneeer… jadi mindeeeeer… *malu muka merah*… pokoke maju terus nyang penting tulis aja yaaaaa…
    Salam Sayang
    Salam Rindu untukmu πŸ˜†

    Β©
    Menulis…
    Menulis…
    Menulis…
    Menulis tentang hati tentu KangBoed jagonya,

    Salam Sayang
    Salam Rindu juga untukmu… πŸ˜†

  21. 9 Juni 2009 pukul 10:10 PM

    Saya banyak belajar dari tulisan-tulisan Bang Cas, kreatif, menarik…
    Tapi tetap bang nulis itu bagi saya sesuatu yang sangat butuh konsentrasi dan kadang susah menuangkan ide dalam tulisan…, terutama agar mudah dipahami oleh orang lain…

    Β©
    Kang Dede, saya pernah mendengar untuk bisa menulis itu ada 3 syarat yang harus dipenuhi :
    Membaca… Membaca… dan Membaca…
    Saya menulis apa yang saya mampu aja kang, hasilnya pasti masih jauh dari kata baik πŸ™‚

  22. 10 Juni 2009 pukul 3:18 AM

    Iya deh kang..aq SETOP Ngolokx..aq jg sllu koreksi dr kok bang. Gaya komen br neeh ? gk rbet 2h ?

    Β© versi Rio :
    tdk ko mas, aku kan jago..he..he..Aku juga tahu kalo mas rio baik hati (narsis ya)

    Β© versi Admin :
    Enggak ribet kok Mas, saya kan jago… hehehe… (narsis mode oN )
    Saya juga tahu kalau Mas Rio aslinya baik hati dan murah senyum… πŸ™‚

  23. 11 Juni 2009 pukul 3:08 PM

    He. . . abang kas bs aja mengakalinya ..

    Β©
    Harus dunk πŸ˜†

  24. 11 Juni 2009 pukul 6:55 PM

    Kayaknya aku sudah masuk kamar ini berkali-kali dah, kok helum juga ganti kamar baru mas Rudi?
    Sedang ngapdet poto nyang pakai helm cakil yah πŸ™„ πŸ˜€

    Β©
    Hehehe… Santai Mas Wandi, Mas Rudinya bertapa dulu nyari ilham… πŸ˜€
    Helm cakil udah selesai di update Mas… Matur nuwun sudah mampir dimari… πŸ˜†

  25. wahyu am
    12 Juni 2009 pukul 12:48 AM

    saya juga kecewa mas MU kalah 😦

    huwaaaaaaaaa..

    Β©
    Hehe… Nasi sudah menjadi bubur… πŸ™‚

  26. 12 Juni 2009 pukul 12:48 AM

    Wah… pasti makin gondok gara2 CR7 cabut ke R.Madrid hi…hi..hi… Selamat gondok part II πŸ™‚
    Makanya dukung Hull City aja musim depan he…he…he…

    Β©
    Hehehe… Mas Popo bisa aja, nanti ada gondok part III kalo Vidic di bajak Milan… πŸ™„ kayaknya musim depan dukung west brownic albion deh Mas… hehehe… πŸ˜€

  27. 12 Juni 2009 pukul 8:48 AM

    kreatif amat sih … πŸ™‚
    kapan nih mau nerusin tulisan ini?

    Β©
    Makasih Nadya…
    doain aja ya masih bisa nerusin… πŸ˜€

  28. deeedeee
    12 Juni 2009 pukul 9:17 AM

    owalah,,,, tetep masih kepikiran bola…

    tetep semangat, Mas :mrgreen:

    Β©
    tSekarang udah engga kok deee… πŸ™‚
    engkyuuu…

  29. Tri Yugo W.
    12 Juni 2009 pukul 3:46 PM

    Haha… Anda mikirin Man.U, saya mikirin AC Milan, habis pelatihnya Carlo Ancelloti pindah ke Chelsea, Kapten Paolo Maldini pensiun, eh Kaka’ dijual ke Real Madrid. Semoga saja Pelatih baru Leonardo bisa seperti Pep Guardiola di Barcelona yang baru semusim melatih, langsung mempersembahkan treble winners yang salah satunya diraih dengan menghantam klub favorit Anda, Machester United haha…

    Β©
    Hehehe… Semoga Bang Tri, ManU juga sedang ada perombakan lini tengah setelah kepergian Ronaldo Ke Real Madrid…

  30. 21 Juni 2009 pukul 2:11 AM

    gak ngerti bola!!!
    ngertinya bola2an he2

    Β©
    Hehehe…. bikin ngeres aja bos… πŸ˜€

  31. 21 Juni 2009 pukul 2:52 AM

    maksud gw saling ngelemparin bola
    bukan yang itu loh he he he *melarikan diri*

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: